Berita

Psikologi UNIMA Gelar Pelatihan Mindfulness di MAS Alkhairaat Kampung Jawa Tondano

Kamis, 9 November 2023 14:42 WIB
  • Share this on:

Minahasa (Madrasah) --- Fakultas Psikologi Universitas Negeri Manado di Tondano (UNIMA) menggelar Seminar Pelatihan (Pelatihan Mindfulness) di MAS Alkhairaat Kampung Jawa Tondano, Kamis (9/11/2023).

Tim Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling yang mengambil mata kuliah lintas jurusan psikologi melaksanakan pelatihan Mindfulness adalah Widia Manisa Silaen sebagai ketua tim dan 5 orang anggota yaitu: Dia Puspita Sari Modeong, Anja falentina Br. Barus, Ferawati Umasagadji, Cicilya Lahope, Tesalonika Malonda.

"bahwa merasa sangat berterima kasih karna sudah diberikan kesempatan untuk melaksanakan pelatihan mindfulness dan mengharapkan agar pelatihan mindfulness ini bisa bermanfaat untuk peserta didik yang berada di MAS Alkhairaat Kampung Jawa Tondano", terang Widia.

Sebagai Kepala Madrasah (MAS Alkhairaat Kampung Jawa Tondano) Eka Setiawati Sugianto, mengucapkan banyak terima kasih kepada adik-adik mahasiswa yang sudah datang dan membuat pelatihan di Sekolah (MAS Alkhairaat Kampung Jawa Tondano) ini, dengan tema pelatihan mindfulness, besar harapan dari kami agar peserta didik di Sekolah (MAS Alkhairaat Kampung Jawa Tondano) ini bisa menerapkan hasil dari pelatihan ini dalam kehidupan didalam sekolah maupun diluar sekolah.

Zulfauzy Abu Hasmy. (Dosen Psikologi Unima) yang menerangkan dalam pelatihan mindfulness kita harus  Kenali diri sendiri atau self-awareness adalah kemampuan seseorang dalam memahami, mengerti, dan menerima perasaan, pikiran, pengalaman, serta nilai diri sendiri. Melakukan Relaksasi guna merilekskan otot-otot yang mengalami ketegangan atau mengendorkan otot-otot tubuh dan pikiran agar tercapai kondisi yang nyaman atau berada pada gelombang otak alfa-beta dan Memfokuskan pikiran, perasaan, dan emosi kita pada saat ini. Contohnya ketika kita belajar, fokus belajar kita harus ada didalam kelas. 

Zulfauzy. berpesan "Bahwa kita sebagai seorang manusia harus menjaga kesehatan mental dengan 3 kebiasaan baik yaitu: Olahpikir, Olahraga, Olahrasa". 

Dalam pelatihan mindfulness, Zulfauzy memberikan terapi relaksasi untuk merangsang rasa mindfulness dalam diri peserta yang dimana peserta didik diberikan kesempatan para siswa duduk menyilangkan kaki, sambil mata tertutup dan merasakan anggota badan dan pikiran dari peserta didik menjadi rileks dengan tidak memikirkan apapun kecuali tenang dan hening.

Pesan dari Zulfauzy kepada peserta Didik di MAS Alkhairaat Kampung Jawa Tondano "Tetap belajar yang giat untuk adik-adik peserta didik di sekolah ini, agar apapun nanti jalan yang kalian pilih dan kalian cita-citakan bisa tercapai".

Editor:
Vonda
Kontributor:
Mohammad
Penulis:
Bilal Ali
Fotografer:
MA Alkhairaat KP Jawa Tondano

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama
  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama
  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama
  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama
  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama