Berita

Praktik Kewirausahaan di Lingkungan MIN 1 Minahasa

Kamis, 7 Desember 2023 10:42 WIB
  • Share this on:

Minahasa (Madrasah) – Salah satu kegiatan praktik kewirausahaan adalah mengenalkan jiwa wirausaha pada anak, seperti kegiatan yang dilakukan siswa kelas 6 di MIN 1 Minahasa (Kamis, 12 Desember 2023).

Praktek kewirausahaan yang dilakukan merupakan implementasi tema pembelajaran terakhir di semester ini. Para siswa melakukan praktek dengan mengadakan bazar makanan, minuman dan aksesoris di halaman sekolah. Bazar dimulai pada jam 08.30 sampai selesai.

Terpantau tepat saat jam istirahat, siswa kelas 1-5 berhamburan keluar ruangan masing-masing dan memenuhi halaman sekolah. Mereka menyerbu para pedagang musiman yang tak lain kakak kelasnya sendiri yaitu siswa kelas 6.

Indah Yanti Djojosuroto, S.Pd selaku Wali Kelas menjelaskan “Kegiatan wirausaha yang dipraktekkan kelas 6 ini bertujuan untuk menjadikan siswa sebagai warga negara yang produktif, kreatif, inovatif dan mampu berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Siswa belajar beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan bisnis yang begitu pesat sehingga diharapkan siswa nantinya bisa menciptakan peluang usaha yang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini terlihat dari pemilihan produk jual yang dipilih siswa banyak diminati warga Madrasah.”

Dalam pelaksanaannya, beberapa siswa dan siswi membuat makanan dan minuman sendiri juga ada yang didampingi orang tua. Bahan jualannya antara lain Pisang Balado, Onde-onde, Gelang, Buah Segar, Puding Coklat, Kolak Kacang Ijo, Nasi Goreng, Nasi Kuning, Es Kulkul, Mie Goreng, Tahu Tempe Balado, Bakso Tusuk, Semangka, Brownies, Mie Goreng, Rujak Mangga, Wajik, Puding Nutrijel, Risoles, dan Panada,.

Agar produk mampu diserap pasar dan tercipta persaingan usaha yang sehat, maka dibuat ketentuan batasan maksimal harga jual, sebesar Rp. 5.000,-/ produk.” jelas Indah.

Kegiatan praktek kewirausahaan selesai tepat pukul 10.00 WIB dengan dagangan semua siswa habis terjual.

Editor:
Vonda
Kontributor:
Titha

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama
  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama
  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama
  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama
  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama