Berita

Moderasi Beragama Solusi Kemajemukan Indonesia

Senin, 24 Juli 2023 21:22 WIB
  • Share this on:

Minahasa (Kanwil Kemenag Sulut) -- Di tengah modernisasi kehidupan dewasa ini, seringkali agama dijadikan sebagai dinding pemisah serta alasan menjustifikasi orang lain atas nama agama, maka konsep moderasi beragama di tengah masyarakat dipandang perlu dibumikan untuk mencegah fakta yang mengkhawatirkan tersebut.

"Kita ingin membumikan moderasi beragama sebagai solusi dari keberagaman yang ada di sekitar kita. Kadangkala kita menjadikan agama sebagai dinding pemisah antara satu dan yang lain, ekstrimisme pikiran atas nama agama ternyata telah ada dan hadir di tengah kita. Fakta ini kemudian yang mengkawatirkan," ungkap Kepala Kanwil Kementerian Agama Prov. Sulawesi Utara, H. Sarbin Sehe saat menghadiri Launching Desa Waleure Kec. Langowan Timur sebagai Kampung Moderasi Beragama (KMB) bertempat di Lapangan Taman Cita Waya Kab. Minahasa dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kab. Minahasa, Senin (24/07/2023).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Minahasa diwakili Asisten 1 Raviva Maringka, Kepala Kemenag Kab. Minahasa Dolie Tangian, jajaran Forkopimda Kab. Minahasa, Bamag Kab. Minahasa, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Lebih lanjut dirinya menyatakan bahwa Kampung Moderasi Beragama menjadi mercusuar harapan dan inspirasi dalam sebuah upaya memperbaiki, dan menjaga hubungan antar keyakinan umat beragama, menjadi kekayaan bagi Indonesia yang pluralis.

Sementara itu, mewakili Bupati Minahasa, Raviva Maringka memberi apresiasi yang tinggi atas inisiasi membangun Kampung Moderasi Beragama, dirinya menyebut bahwa pemerintah mendukung penuh upaya menjaga kerukunan dan toleransi.

“Kampung Moderasi Beragama merupakan inisiatif luar biasa untuk mempromosikan harmoni dan toleransi keagamaan, yang menunjukkan nilai-nilai saling menghormati, memahami, dan bekerja sama di antara kelompok agama yang beragam,” katanya.

Lebih dalam, ia menyoroti pentingnya moderasi beragama dalam kehidupan yang beragam.

“Kampung Moderasi Beragama merupakan contoh bagi komunitas lain di seluruh negara dan di luar sana, yang menunjukkan bahwa kehidupan bersama yang damai adalah mungkin, meskipun dunia dipenuhi dengan keragaman umat beragama,” tandasnya.

Untuk membumikan moderasi beragama dibutuhkan pemahaman dan kolaborasi yang seragam antara penduduk desa, pemerintah setempat dan juga tokoh beragama. (nun)

Editor:
Herry Mety
Kontributor:
Ainun Bosra

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama
  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama
  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama
  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama
  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama