Berita

MIN 1 MINAHASA Laksanakan Asesmen Madrasah Berbasis Android

Kamis, 30 November 2023 14:39 WIB
  • Share this on:

Minahasa (Madrasah) - MIN 1 MINAHASA melaksanakan Asesmen Sumatif Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024 Berbasis Komputer dengan menggunakan Google Form (Google Formulir) kepada Kelas III s/d Kelas VI.

Asesmen Sumatif Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024 di mulai tanggal 27 November sampai 05 Desember 2023. Ujian seperti ini dirasa lebih efektif bagi peserta didik karena setiap peserta didik dapat menjawab soal tanpa menggunakan pulpen/pensil. Aplikasi Google Form menjadi salah satu software yang direkomendasikan sebagai alat penilaian online dengan tampilannya yang sederhana, mudah digunakan dan dipahami.

Menurut Rusdianto Lolangion, S.Pd Selaku Ketua Panitia pelaksana, Ujian Madrasah berbasis Android ini bagi siswa dapat menyesuaikan ukuran dalam tampilan soal, kenyamanan diri terhadap teks yang dibaca melalui Android yang dimiliki peserta didik. Bagi tenaga pendidik kemudahannya adalah penilaian dapat dimiliki tanpa dikoreksi karena sudah terprogram di aplikasi tersebut.

Proses pelaksanaan berlangsung 60 Menit untuk 1 mata pelajaran dan dalam sehari setiap peserta didik hanya melaksanakan 2 mata pelajaran.

Soal Ujian sudah diupayakan memenuhi kriteria, materinya sudah disesuaikan dengan kurikulum 2013. Soal tersebut dibuat langsung oleh setiap guru mata pelajaran dengan menyesuaikan kisi-kisi soal yang di keluarkan oleh Kementerian Agama (Dirjen Pendis). 

Saiful, S. Pd.I., M.Pd mengungkapkan; “Pendidik yang mengampu tiap bidang studi melaksanakan ujian via Google Form Berbasis Komputer, selain cara loginnya yang sudah di pahami oleh peserta didik juga memudahkan bagi pendidik atau guru bidang studi dalam melakukan penilaian dimana hasil pekerjaan peserta didik langsung terintegrasi ke akun gmail pendidik yang membuat soal ujian”. 

Lebih lanjut, Saiful yang juga Kepala Madrasah menambahkan; “Ujian dengan menggunakan Google Form secara langsung menguji dan mendidik pemahaman peserta didik dalam menggunakan teknologi informasi, dimana hal ini sebagai pengetahuan bagi semua peserta didik dalam menghadapi dunia modern dan era globalisasi sekarang ini.

Editor:
Vonda
Kontributor:
Titha

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama
  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama
  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama
  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama
  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama