Berita

Ditjen Bimas Kristen Tutup Orientasi Pelopor Moderasi Beragama

Sabtu, 9 Desember 2023 13:47 WIB
  • Share this on:

Manado (Kemenag) - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen menutup pelaksanaan Orientasi Pelopor Moderasi Beragama (MB) Tahun 2023.

Peserta kegiatan ini diikuti oleh perutusan Penyuluh Agama Kristen dari Kabupaten/Kota se-Sulut. Sesuai jadwal berlangsung 6 - 9 Desember 2023, bertempat di Hotel Grand Whize, Kawasan Mega Mas, Kota Manado.

Kasubdit Penyuluhan Agama Kristen Ditjen Bimas Kristen, Suryana Sitompul, saat ditemui Humas (Kemenag Minahasa), menjelaskan tentang betapa pentingnya kegiatan ini bagi Penyuluh Agama Kristen.

"Kegiatan Moderasi Beragama merupakan kegiatan pemerintah, khususnya Kementerian Agama. Dengan adanya kegiatan ini, para penyuluh agama bisa menjadi orang-orang yang moderat," Kata Kasubdit, Sabtu (09/12)

"Harapannya, kedepan akan terus bertambah jumlah seluruh Penyuluh Agama Kristen yg sudah mengikuti Penguatan Moderasi Beragama," tambahnya.

Sebelumnya, acara penutupan kegiatan telah diawali dengan ibadah yang di pimpin oleh Gbl. Agustina Alotia, S. Th., yang mengajak seluruh peserta dan panitia membaca Kitab Maz. 133:1-3, tentang pengutamaan hidup rukun dan damai.

Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, yang dihadiri oleh Kepala Bidang Urusan Agama Kristen, Pdt. Meidie Tasik, S. Th., M. Pd K., menyambut dengan baik kegiatan yang berlangsung beberapa hari ni. Pada kesempatan itu juga, Kabid Pendeta Tasik pun memberikan apresiasinya dan berterimakasih kepada Ditjen Bimas Kristen, yang telah memilih Manado, menjadi tuan dan nyonya rumah pelaksanaan kegiatan ini.

"Kanwil Kemenag Sulut, khususnya Bidang Agama Kristen, sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Ditjen Bimas Kristen yang telah menujuk Kota Manado, menjadi tempat pelaksanaan kegiatan," ucapnya.

Diketahui, peserta Penyuluh Agama Kristen, diikuti oleh Penyuluh ASN PNS, P3K dan Penyuluh Non-PNS. Dari data yang kami himpun, peserta dibagi dalam dua kelas angkatan. Masing-masing kelas dengan jumlah peserta 46 orang. Dengan total peserta 92 orang. Sementara itu para fasilitator merupakan pejabat fungsional yang berlatarbelakang akademisi dosen, widyaiswara dan pegawai senior di Kemenag RI.

Editor:
Vonda
Penulis:
Yonatan Kembuan
Fotografer:
Natan

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama
  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama
  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama
  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama
  • Pencanangan Kampung Moderasi Beragama